Custom Search

Jumat, 19 Juni 2009

Mencegah Kerusakan Pada Flash disk

gambar. flash disk

Sebelum Flash disk di ciptakan, kita sering menyimpan file atau data pada media disket. walaupun sampai sekarang masih tetapi sudah jarang sekali yang pakai. alasannya media penyimpanannya kurang besar dan mudah di gunakan.

Supaya Flash disk tetap terjaga dan bisa bekerja dengan baik ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, diantaranya :

1. HINDARKAN DARI PENGARUH MEDAN MAGNET YANG KUAT
Tempat yang mudah terjangkau yang biasanya kita gunakan untuk meletakkan benda-benda kecil diantaranya di atas TV, sebaiknya anda tidak melakukan ini pada Flash disk anda. begitu juga dengan Handphone sangat tidak baik untuk flash disk usahakan flash disk tidak di simpan dalam saku yang sama atau dalam tas.

2. JANGAN TERKENA AIR
walaupun ada beberapa merk yang mengklaim waterproof, menjauhkan flash disk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman dari pada data hilang luntur di telan air.

3. Virus Scan
saat pengambilan atau pemindahan data dari PC ke flash disk lakukan terlebih dulu scan dengan antivirus.

4. Proses Eject atau Stop
lakukan selalu proses eject atau stop sebelum mencabut flash disk.

5. Jauhkan Dari Tempat Panas
semua barang elektronik tak terkecuali flash disk sangat rentang dengan yang namanya panas, apalagi terkena sinar matahari langsung.

6. Hindarkan Benturan Keras
jaga flash disk anda jangan sampai sering jatuh atau terbentur benda keras.

7. Tutuplah Selalu
Udara dan lingkungan kita penuh dengan debu dan kotoran, jika socket flash disk kita kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal, makanya harus selalu tertutup.

8. Minimalisir Proses Hapus-Tulis
sekuat apapun benda pasti akan rusak seiiring usia dan frekuensi penggunaan termasuk juga flash disk. usia flash disk berbeda-beda tergantung kualitas dan merk dari flash disk tersebut. usianya biasanya antara 10.000-100.000 kali proses hapus tulis

Tidak ada komentar: